MAKALAH
TEKNIK MEMBUAT PERENCANAAN PEMBELAJARAN DENGAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas
Mata Kuliah Landasan Teknologi Pendidikan MTP-515
Disusun oleh :
Ani Muharyani
NIM 5520100251
Ani Muharyani
NIM 5520100251
UNIVERSITAS ISLAM AS-SYAFI’IYAH
PROGRAM PASCASARJANA
MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN
2011
KATA PENGANTAR
Bismillahirohmannirohim , seraya memanjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan taufik dan hidayah – Nya , sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan judul “ Teknik Membuat Perencanaan Pembelajaran Dengan Pemanfaatan Teknologi Pendidikan . “ Disusun dalam rangka memenuhi salah satu tugas mata kuliah Landasan Teknologi Pendidikan.
Dalam pembahasan makalah ini menguraikan tentang perencanaan pembelajaran , pemanfaatan Teknologi pendidikan , dan teknik membuat perencanaan pembelajaran.
Kami haturkan terimakasih kepada yang terhormat bapak dosen mata kuliah Landasan Teknologi Pendidikan yang telah memberikan tugas , menjadikan semangat dan termotivasi untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini banyak kelemahan dan kekurangannya . Hal ini disebabkan keterbatasan wawasan dan pengetahuan yang kami miliki. Oleh sebab itu kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat kami harapkan untuk lebih baik lagi dalam penyusunan makalah selanjutnya.
Akhirnya , penulis berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk kemajuan pendidikan pada umumnya dan khususnya pada diri penulis agar lebih meningkat dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah.
Cianjur, Mei 2011
Cianjur, Mei 2011
i
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ........................................................................ i
DAFTAR ISI ....................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang .......................................................... 1
B. Tujuan Penulisan ........................................................ 2
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Pengertian Perencanaan Pembelajaran ......................... 3
B. Pemanfaatan Teknologi Pendidikan .............................. 4
BAB III PEMBAHASAN ............................................................... 6
BAB IV KESIMPULAN ................................................................. 10
DAFTAR PUSTAKA ............................................................................ 11
ii
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Perkembangan teknologi pendidikan tampak berjalan dengan pesat , namun aplikasinya dalam pendidikan sumber daya manusia masih terbatas. Masih banyak peluang yang belum dapat dimanfaatkan. Teknologi merupakan bagian intergal dalam setiap masyarakat. Makin maju suatu masyarakat makin banyak teknologi yang dikembangkan dan digunakan. Teknologi telah membantu kita dalam berbagai bidang kehidupan . Teknologi pendidikan selalu dikaitkan dengan adanya peralatan terutama yang berupa audio visual peralatan ini hanya berfungsi sebagai alat bantu guru dalam mengajar.
Salah satu masalah yang kita hadapi adalah masalah pembelajaran. Masalah ini sangat kompleks karena meliputi semua unsur atau komponen yang terkait serta pada semua lapisan kegiatan .
Kondisi belajar mengajar yang efektif adalah adanya minat dan perhatian siswa dalam belajar. Minat memiliki pengaruh yang besar terhadap belajar sebab dengan minat seseorang akan melakukan sesuatu , sebaliknya tanpa minat tidak mungkin melakukan sesuatu . Minat siswa merupakan faktor utama yang menentukan derajat keefektifan belajar siswa. Jadi unsur efektif merupakan faktor yang menentukan keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran . ( James dalam Usman, 2002 : 27 ).
Perencanaan pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang direncanakan dalam hubungannya dengan proses belajar mengajar atau pembelajaran untuk mengembangkan evaluasi dan pemeliharaan situasi dengan pemeliharaan fasilitas pendidikan guna pencapaiaan tujuan pembelajaran.
Untuk dapat belajar secara efektif dan efisien perlu memanfaatkan beraneka sumber belajar, maka disinilah seorang pendidik perlu mengembangkan dan memanfaatkan teknologi pendidikan untuk mendapatkan kemudahan dalam pembelajaran.
Oleh karena itu yang akan menjadi bahasan dari makalah ini adalah tentang “ Teknik Membuat Perencanaan Pembelajaran Dengan Memanfaatkan Teknologi Pendidikan.”
1
B. TUJUAN PENULISAN
- Tujuan secara khusus penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Landasan Teknologi pendidikan dengan kode MTP – 515.
- Tujuan secara umum adalah diharapkan guru untuk dapat memanfaatkan teknologi pendidikan dalam teknik membuat perencanaan pembelajaran sebagai upaya melaksanakan proses pembelajaran guna menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga tercapai tujuan pembelajaran.
2
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A. PENGERTIAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN
Perencanaan Pembelajaran adalah suatu dokumen sosial yang disusun berdasarkan hasil analisis sistematis tentang perkembangan peserta didik dengan tujuan agar pembelajaran lebih efektif dan efisien sesuai dengan tuntutan kebutuhan peserta didik dan masyarakat. Pelaksanaan pembelajaran yang baik memerlukan perencanaan program yang baik pula. Keberhasilan belajar peserta didik sangat ditentukan oleh perencanaan yang dibuat guru , untuk itu penyusunan perencanaan pembelajaran mutlak dilakukan oleh guru pada saat akan melaksanakan tugasnya dalam membelajarkan peserta didik . Artinya guru tidak akan dapat mengajar dengan optimal apabila tidak memiliki persiapan yang dikembangkan sebelumnya.
Menurut Majid ( 2006 ), perencanaan pembelajaran dapat dilihat dari beberapa sudut pandang berikut :
- Perencanaan pembelajaran sebagai teknologi yaitu perencanaan pembelajaran dengan menggunakan teknik-teknik serta penggunaan teknologi yang dapat mengembangkan tingkah laku kognitif dan teori konstruktif yang dapat memberikan solusi terhadap problem pengajaran yang timbul dalam dunia pendidikan.
- Perencanaan pembelajaran sebagai suatu sistem adalah menyususn perencanaan pembelajaran dengan menetapkan strategi, model, pendekatan, metode, alat serta sumber dan prosedur yang dapat digunakan dalam penyelenggaraan pembelajaran.
- Perencanaan pembelajaran sebagai sebuah disiplin ilmu, yaitu perencanaan pembelajaran merupakan cabang dari pengetahuan yang senantiasa memperhatikan hasil-hasil penelitian di bidang pendidikan, pengajaran dan teori-teori yang berkembang serta strategi pengajaran yang dikembangkan dan diimplementasikan dalam perencaan dan pelaksanaan pembelajaran.
3
- Perencanaan pembelajaran sebagai sebuah proses , yaitu pengembangan
pembelajaran secara sistematik yang digunakan secara khusus atas dasar teori
teori pembelajaran untuk menjamin pembelajaran . Dalam perencanaan ini
dilakukan analisis kebutuhan dari proses belajar dengan alur yang
sistematik untuk mencapai tujuan pembelajaran . Termasuk di dalamnya
melakukan evaluasi terhadap materi pelajaran dan aktivitas -aktivitas pembelajaran.
Hal - hal yang harus dipertimbangkan dalam pembuatan perencanaan pembelajaran yaitu ; Signifikansi, Relevansi, Adaptif. Feasibilitas, Kepastian atau defenitivenes, Ketelitian atau psimoniusness, Waktu, Monitoring atau Pemantauan, Kesetaraan dan Keadilan Gender.
Berikut definisi tentang perencanaan pembelajaran :
1. Branch ( 2002 ) Suatu sistem yang berisi prosedur untuk mengembangkan pendidikan dengan cara yang konsisten dan reliable.
2. Ritchy ilmu yang merancang detail secara spesipik untuk pengembangan , evaluasi dan pemeliharaan situasi dengan fasilitas pengetahuan diantara satuan besar dan kecil persoalan pokok.
3. Smith & ragan ( 1993 ) Proses sistematis dalam mengartikan prinsip belajar dan pembelajaran ke dalam rancangan untuk bahan dan aktifitas pembelajaran.
4. Zook ( 2000 ) Proses berfikir sistematis untuk membantu pelajar memahami ( belajar ).
B. PEMANFAATAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Teknologi dalam pendidikan mencangkup setiap kemungkinan sarana ( alat ) yang dapat digunakan untuk menyajikan informasi dalam pendidikan dan latihan.
Ellington ( 1989 ) menyatakan bahwa teknologi dalam pendidikan pada dasarnya adalah apa yang oleh teknologi pendidikan dipopulerkan dengan nama alat bantu pandang dengar.selanjutnya dikembangkan dalam pembelajaran untuk pencapaian tjuan pembelajaran tertentu.
Teknologi dalam pendidikan merupakan perpaduan Aspek Teoritis Dalam pendidikan, Aspek perangkat keras ( Komponen yang saling bergantung tetapi tidak berbeda satu sama lainnya ) dan Aspek perangkat lunak ( berkenaan dengan benda yang dipakai pada perangkat keras).
4
Penggunaan teknologi telah berjalan lama sesuai perkembangan dan aspeknya.
Eric Hasby membagi revolusi dalam pendidikan menjadi 4 yaitu :
Pertama, saat masyarakat mendiferensiasikan peranan orang dewasa. kedua, digunakannya tulisan sebagai sarana pendidikan, ketiga, sitemukannya mesin cetak dan, keempat, penggunaan teknologi canggih sebagai perkembangan bidang elektronik. Dari apa yang dialami ternyata bahwa terdapat hubungan timbal balik antara teknologi dan pendidikan, hal ini lebih terkhusus lagi dengan teknologi komunikasi.
Kegunaan teknologi dalam pendidikan dinyatakan Komisi Instruksional AS, sebagai berikut :
a. Meningkatkan produktivitas pendidikan
b. Memungkinkan pendidikan individual
c. Memberikan dasar yang lebih ilmiah terhadap pengajaran.
d. Lebih memantapkan pengajaran
e. Memungkinkan belajar seketika
f. Memungkinkan penyajian pendidikan lebih luas dan merata.
Agar penggunaan teknologi dalam pendidikan tepat sasaran, maka pengelola pendidikan harus mengetahui klasifikasi teknologi dalam pendidikan, diantaranya : teknologi tingkat rendah, media audiovisual, format komputer, telekomunikasi dan teknologi lunak.
5
BAB III
PEMBAHASAN
1. PERENCANAAN PEMBELAJARAN
Pembelajaran dimulai dengan guru menyampaikan tujuan pelajaran dan memotivasi siswa belajar. Perencanaan yang baik akan menentukan proses pembelajaran berjalan dengan baik dan hasil belajar yang baik juga. Pembelajaran membutuhkan beberapa perencanaan sebagai tahap persiapan untuk kegiatan proses pembelajaran. Hal – hal yang harus disiapkan yaitu :
a) Menentukan materi dan tujuan pembelajaran.
Seperti halnya pada setiap pelajaran, salah satu tugas perencanaan utama bagi guru adalah memiliki materi yang sesuai dengan metode yang akan digunakan.
b) Menentukan pendekatan.
c) Merencanakan waktu.
Waktu merupakan faktor pembatas yang disadari oleh kebanyakkan guru. Perencanaan yang matang dapat membantu guru menjadi lebih realisstis tentang persyaratan waktu.
d) Pembentukan kelompok siswa
Tugas pembentukan kelompok akan bervariasi bergantung kepada tujuan yang ingin dicapai oleh guru dalam suatu pelajaran tertentu.
e) Menyiapkan perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dimaksud adalah alat dan bahan yang akan digunakan dalam pembelajaran.pada tahap ini juga disiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ).
Perencanaan pembelajaran memainkan peran penting dalam memandu guru untuk melaksanakan tugas sebagai pendidik dalam melayani kebutuhan belajar peserta didik . Perencanaan pembelajaran juga dimaksudkan sebagai langkah awal sebelum proses pembelajaran berlangsung . Dengan demikian, maka perencanaan pembelajaran digunakan sebagai pedoman kegiatan guru dalam mengajar dan pedoman peserta didik dalam kegiatan belajar yang disusun secara sitematis dan logis.
6
Adapun perlunya perencanaan pembelajaran ialah : (a) menunjukan arah kegiatan , (b) memperkirakan apa yang akan terjadi dalam pembelajaran , (c) menentukan cara terbaik untuk mencapai tujuan belajar, (d) menentukan skala prioritas, dan (e) menentukan alat pengukur atau standar untuk mengadakan pengawasan atau evaluasi kinerja, sasaran, dan kegiatan usahanya.
Manfaat perencanaan pembelajar adalah sebagai berikut :
· Sebagai petunjuk arah kegiatan dalam mencapai tujuan pembelajaran.
· Sebagai pola dasar dalam mengatur tugas dan wewenang bagi setiap unsur yang terlibat dalam kegiatan.
· Sebagai pedoman kerja , baik unsur guru maupun para peserta didik.
· Sebagai alat ukur efektif tidaknya suatu kegiatan, sehingga setiap saat diketahui ketepatan dan kelambatan kegiatan tersebut.
· Untuk bahan penyusunan data agar tidak terjadi kesenjangan dalam kegiatan pembelajaran.
· Untuk menghemat waktu, tenaga, dan alat.
Sebagai tenaga kependidikan kita harus pandai – pandai menarik perhatian siswa dalam pembelajaran dengan berbagai cara / teknik sehingga apa yang diharapkan dalam pembelajaran dapat tercapai begitu pula dengan persiapan yang telah di rancang, memilih metode yang tepat. Teknik membuat rencana pembelajaran yang dikaitkan dengan teknologi pendidikan tidak hanya yang berkaitan dengan benda - benda elektronik atau benda yang canggih / modern disini kita dapat menggunakan / memanfaatkan benda yang ada di sekitar lingkungan tentunya yang ada hubungannya dengan pembelajaran yang akan diberikan kepada peserta didik.Sehingga peserta didik dapat termotivasi dan selalu ingin tahu , minat untuk mengetahui sesuatu makin tinggi.
Pengalaman penulis di lapangan , langkah pertama yang dikerjakan oleh guru yaitu : membuat Program Tahunan kemudian dituangkan kepada Program Semester , membuat Silabus Pembelajaran dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran serta Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ).
7
Di bawah ini cara – cara pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ).
Catatan : RPP disusun untuk satu Kompetensi dasar.
1. Identitas, terdiri dari nama satuan pendidikan, nama sekolah, mata pelajaran, kelas / semester, jumlah pertemuan.
2. Standar Kompetensi, yang dikutip dari kurikulum, tertuang dalam silabus.
3. Kompetensi Dasar, adalah sejumlah kompetensi yang memberikan gambaran bahwa siswa telah mencapai standar kompetensi,
4. Indikator merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencangkup sikap, pengetahuan, keterampilan. Dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, satuan pendidikan dan potensi daerah. Rumusannya menggunakan kata kerja operasional yang terukur dan dapat diobservasi, digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian.
5. Tujuan Pembelajaran , tuliskan output ( hasil langsung ) dari satu paket pengalaman belajar yang dikemas oleh guru , karena itu penetapan tujuan pembelajaran dapat mengacu pada pengalaman belajar siswa.
6. Materi Ajar, adalah materi yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran dan indikator. Materi dikutip dari materi pokok yang ada pada silabus, kemudian dikembangkan menjadi beberapa uraian materi.
7. Alokasi waktu , diperhitungkan untuk pencapaian satu kompetensi dasar , dinyatakan dalam jam pelajaran dan banyak pertemuan ( contoh : 2 x 35 menit / 2 x pertemuan ).
8. Metode Pembelajaran , dapat diartikan benar – benar sebagai metode, tetapi dapat pula diartikan sebagai model atau pendekatan pembelajaran, bergantung pada karakteristik pendekatan dan atau strategi yang dipilih.
9. Kegiatan Pembelajaran , pada dasarnya langkah – langkah kegiatanmemuat unsur kegiatan awal / pembuka, kegiatan inti, kegiatan akhir / penutup.
10. Penilaian , sebagai tolak ukur dari hasil pembelajaran yang dicapai , penilaian dapat berbentuk tes lisan, tes tulis dan tes perbuatan.
8
11. Sumber Belajar , merupakan bahan – bahan pelajaran yang berkaitan dengan materi pembelajaran , baik itu buku pelajaran , media pembelajaran, alat peraga, dan lingkungan sekitar.
Peningkatan kualitas pembelajaran dapat dilakukan dengan menggunakan / memanfaatkan teknologi pendidikan , upaya pemecahan masalah pendidikan terutama masalah yang berhubungan dengan kualitas pembelajaran , dapat ditempuh dengan cara penggunaan berbagai sumber belajar, penggunaan media pembelajaran yang berfungsi sebagai alat bantu dan perencanaan yang matang sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
9
BAB IV
KESIMPULAN
Tidak dapat disangkal lagi bahwa perkembangan teknologi telah mempengaruhi seluruh pola kehidupan masyarakat bahkan budaya kita , termasuk di bidang pendidikan. Bahwa perencanaan pembelajaran adalah merupakan suatu kegiatan yang direncanakan dalam hubungannya dengan proses belajar mengajar atau pembelajaran untuk mengembangkan , evaluasi dan pemeliharaan situasi dengan fasilitas pendidikan guna pencapaian tujuan pembelajaran.
Pembelajaran dimulai dengan guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa belajar. Perencanaan yang baik akan menentukan proses pembelajaran berjalan dengan baik dan hasil belajar yang baik pula.
Pemanfaatan teknologi di bidang pendidikan akan terwujudkan dengan tersedianya berbagai sumber belajar dalam berbagai bentuk dan jenis ( multi media resources for learning ) . Hal ini menuntut adanya perubahan dalam lembaga pendidikan dan pola pembelajaran . Perubahan ini tentu saja tidak hanya tenaga pendidikan yang ada di lapangan, melainkan pula tenaga pendidik yang mengelola dan kebijakan pendidikan.
Sebagai pendidik kita harus dapat memanfaatkan teknologi dalam menerapkan model – model pembelajaran dengan berbagai macam tehnik / cara yang dapat menarik minat dan perhatian siswa sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai.
10
DAFTAR PUSTAKA
Miarso, Yusufhadi, ( 2004 ). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan.
Jakarta Pustekkom Diknas bekerjasama dengan Kencana.
Eti Sumiati, ( 2011 ). Implementasi Model Kooperatif Dalam Pembelajaran IPA.
Majalah Bhineka Karya Winaya . Unit KORPRI Dinas
Pendidikan Provinsi Jawa Barat.
Majid, Abdul, ( 2008 ). Perencanaan Pembelajaran . Bandung . Penerbit Rosda.
M. Nuh, ( 2010 ). Kegiatan Perencanaan Pembelajaran. Blogger. Medan.
http://vandha.wordpress.com/2008/06/22/pemanfaatan-teknologi-dalam-pendidikan/
11
bagus makalahnya .....
BalasHapus